email:redaksimitranews@yahoo.co.id

NEWS : | Mitra News adalah Media Penghubung Polisi Dengan Masyarkat | kami mohon Saran dan masukan anda demi Polri yang lebih baik Mitra News adalah Media Penghubung Polisi Dengan Masyarkat | Dapatkan Majalah Mitra News secara Gratis, Hubungi bagian sirkulasi kami di Kantor Balai wartawan Polresta Bekasi. Jl. KH Dewantara Jababeka Cikarang - Bekasi

Rabu, 24 November 2010

Gabungan Potensi Ormas LSM Bekasi


Penulis :  A. Sofyan - Bekasi -Sebagai putra asli Bekasi, Ata Suryadi sadar, butuh perjuangan panjang untuk menciptakan Bekasi yang maju dan sejahtera. Apalagi di tengah kepungan kawasan industry, tingkat persaingan dan kompetensi pun kian menajam. Satu fakta yang tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar karyawan yang bekerja di pusat-pusat industry Kabupaten Bekasi merupakan warga pendatang yang telah berasimilasi menjadi warga Bekasi. Ironisnya, kepedulian pemerintah terhadap kemajuan putra daerah sangat minim dan mengabaikan keberadaan ormas dan LSM dalam menciptakan kesejahteraan yang merata. Atas dasar itulah, Adam (panggilan akrab Ata Suryadi) dan Amirul S. Piola, SH serta beberapa putra asli Bekasi lainnya membentuk suatu wadah tempat berkumpulnya putra-putri Bekasi yang diberi nama Gapenmas (Gabungan Potensi Ormas LSM Bekasi). “Sebagai orang Bekasi saya sedih melihat masih banyak masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan dan kondisinya sangat memprihatinkan seperti terlihat di Muara Gembong, Bojong Mangu dan wilayah lain di Kabupaten Bekasi,” ungkap Adam.


Mantan anggota DPRD Kabupaten Bekasi itu mengatakan, terbentuknya Gapenmas dilatarbelakangi oleh ketidakpedulian Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap ormas dan LSM yang ada di wilayahnya. Macetnya komunikasi antar Pemkab Bekasi dengan ormas telah menjadikan situasi yang sulit bagi ormas dan LSM dalam menjalankan tujuan organisasinya.
“Padahal, keberadaan ormas dan LSM, baik yang terdaftar di kantor Kesbang dan Linmas maupun tidak, tujuannya adalah sama, yakni ingin menjadi mitra yang baik dan menjadi stake holder yang ada di Bekasi seperti pemerintah, kepolisian, TNI dan muspida lainnya,” ungkap Adam.
Dia mengacungi jempol untuk Kapolresta Bekasi Kombes Pol Drs Setija Junianta yang tanggap dengan kondisi ini dan langsung mengumpulkan semua ormas dan LSM yang ada untuk bersatu padu menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai daerah yang aman dan kondusif.
Lelaki yang kemudian ditunjuk sebagai ketua Gapenmas ini mengatakan bahwa inisiatif Kapolres untuk mengumpulkan ormas dan LSM sangatlah beralasan karena di Kabupaten Bekasi ini terdapat banyak ormas yang sebagian diantaranya masih bersifat arogan dan terkesan premanisme.
“Untuk itulah kita merangkul ormas-ormas yang ada agar bersatu dan bersama-sama menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera,” ucap Adam. Rencananya, ke depan Gapenmas akan mengadakan pelatihan-pelatihan atau training untuk ormas yang tergabung di Gapenmas sehingga ke depannya menjadi lebih baik.
Bapak dua putra ini menambahkan, sebagai wadah berkumpulnya ormas dan LSM se Bekasi, Gapenmas juga merangkul tokoh-tokoh masyarakat yang ada seperti misalnya, Hj. Nyai Rosmala, H.M Subur, Singa Bekasi, tokoh spiritual KH Amin Noer, KH Mursid Kamil, KH Junaedi Al Baghdadi dan tokoh masyarakat lainnya.
Sementara itu, Amirul S Piola yang ditunjuk sebagai Sekjen Gapenmas mengatakan bahwa hingga saat ini jumlah ormas dan LSM yang tergabung dalam Gapenmas adalah sebanyak 63 anggota.
“Keberadaan ormas dan LSM ini kita satukan dan kita atur, termasuk dalam hal penertiban tentang pengelolaan limbah di kawasan industry yang paling sering menimbulkan kesalahpahaman di lapangan,” tutur Amirul S piola.
Menurutnya, selama ini putra daerah hanya sekedar menjadi penonton dalam pengelolaan limbah industry. Tapi melalui Gapenmas, saatnya putra daerah menjadi pemain di kawasan industry sehingga tercipta kondisi yang aman, berwibawa dan produktif demi ketahanan ekonomi kerakyatan.
Senada dengan Sekjen Gapenmas, Mashuri, panglima Gapenmas yang biasa dipanggil Black mengatakan bahwa secara pribadi dan kelembagaan, dia ingin mempersatukan orang Bekasi dan bersama-sama memperjuangkan kesejahteraan yang merata.
Di akhir kata, ketua umum Gapenmas Drs. M. Adam Tamara M.Si mengingatkan bahwa Gapenmas ingin berbuat banyak terhadap masyarakat Bekasi dan bermanfaat untuk orang banyak.
“Saya mengacungi jempol untuk Kapolres Kombes Pol Drs Setija Junianta yang cepat tanggap terhadap permasalahan di Kabupaten Bekasi dan mendukung Komjen Timur Pradopo sebagai Kapolri. Semoga Kabupaten Bekasi selalu dalam kondisi yang aman dan tertib,” ucap Ketua Umum Gapenmas. (SUCI)

Biografi
Nama                   :    Drs. M. Adam Tamara Msi
Jabatan                 :    Ketua Umum Gapenmas (Gabungan Potensi Ormas LSM Bekasi)
Tmpt, tgl lahir      :    Bekasi, Feb 1965
Istri                      :    Dra. Sisca Zulaikha (Penceramah)
Anak-anak           :    1.   Ananda Fatma Bunga (Kuliah di UNDIP Semarang)
                                 2.   Dimas Mega Ramadan (Kelas III SD)

DEWAN PENGURUS GAPENMAS
Ketua Umum        :    Drs. M. Adam Tamara Msi
Ketua I                  :    Ata Suryadi
Ketua II                 :    Supriadi
Ketua III               :    M. Barif Sutanto
Panglima                :    Mashuri (Black)
Sekjen                    :    Amirul S. Piola, SH
Sekretaris              :    1.  Wada Suhada
2.   Roman A. Rochman
3.   Erwin Mailudin
Bendahara umum  :    1.  Hj. Nyai Rosmala
Abu Fitri Muimin

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york