email:redaksimitranews@yahoo.co.id

NEWS : | Mitra News adalah Media Penghubung Polisi Dengan Masyarkat | kami mohon Saran dan masukan anda demi Polri yang lebih baik Mitra News adalah Media Penghubung Polisi Dengan Masyarkat | Dapatkan Majalah Mitra News secara Gratis, Hubungi bagian sirkulasi kami di Kantor Balai wartawan Polresta Bekasi. Jl. KH Dewantara Jababeka Cikarang - Bekasi

Selasa, 04 Januari 2011

Catatan Akhir Tahun Polresta Bekasi

Jajaran Polresta Bekasi menyadari, harus ada kebersamaan antara kepolisian dengan masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Kerjasama itu dimulai dari tingkat RT, RW hingga gubernur dan kelompok masyarakat lainnya.


Disamping satuan tugas di lingkup Polres, jajaran Polresta Bekasi memiliki satuan-satuan wilayah berupa kepolisian sektor (polsek). Kesatuan kepolisian yang terakhir ini memang paling dekat dengan masyarakat. Karenanya, sebagai satuan dasar, seorang Kapolsek dipilih secara selektif dengan criteria utama harus menjadi pemimpin kemasyarakatan. “Citra dan keberhasilan Polres akan bergantung dari perilaku dan kinerja anggota Polri pada tingkat polsek dan Bhabinkamtibmas,” ungkap Kasat Binmas Polresta Bekasi, Kompol Basuki Raharjo.
Hal itulah yang menjadikan jajaran Polresta Bekasi melalui Sat Binmas menerapkan program pemberdayaan terhadap potensi masyarakat dengan harapan terjadi kemitraan yang kuat antara aparat Polresta Bekasi dengan masyarakat.
Kasat Binmas mengakui, untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, jajaran Polresta Bekasi memang tak bisa bekerja sendirian, dan harus ada kerjasama dengan aparat terkait, mulai dari tingkat RT, RW, Kepala Desa, Camat dan Bupati serta kelompok masyarakat lainnya. Sebab, di dalam konsep paradigma barunya Polri mengedepankan community policing (Polmas), yang mau tidak mau, di samping melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah, Polresta Bekasi harus bisa pula bekerjasama dengan masyarakat secara umum.
Penjabaran tentang tatacara dan prosedur keikut sertaan masyarakat dalam usaha keamanan, diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007 tentang sistem manajemen pengamanan dan Peraturan Kapolri nomor 7 tahun 2008 tentang Pemolisian Masyarakat,” terang Kasat Binmas.
Pemolisian Masyarakat, merupakan bagian dari Grand Strategy Polri 2005 – 2025 yang ditujukan untuk membangun kepercayaan masyarakat (Trust Building) dan untuk membangun kemitraan (Partnership Building).
”Nilai-nilai yang terkandung dalam Polmas pada hakekatnya telah diterapkan oleh Polri berdasarkan konsep Sistem Keamanan Swakarsa dan pembinaan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa melalui program-program fungsi pembinaan masyarakat yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat di Indonesia baik di masa lalu maupun di Era Reformasi (Demokrasi dan perlindungan HAM-red),” tutur Kompol Basuki.
Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemukan adanya perbedaan cara pandang dan cara bertindak dari beberapa kesatuan Polri terutama di kesatuan kewilayahan, sehingga menjadi kontra produktif terhadap tujuan Polmas itu sendiri.
Mensiasati hal tersebut, Sat Binmas Polresta Bekasi tak henti-hentinya mengarahkan seluruh jajaran Binmas Polsek agar Polmas dapat terlaksana dengan efektif dan dapat diharmonisasikan dengan karakteristik dan kondisi masyarakat setempat.
Agar program dan kegiatan Polmas dapat dilaksanakan di seluruh wilayah tugas secara efektif dan efisien, jajaran Sat Binmas Polresta Bekasi turun langsung ke daerah dan melakukan komunikasi intensif antara anggota dengan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan seperti anjangsana (kunjungan dari rumah ke rumah), komunikasi melalui alat telekomunikasi, surat-menyurat, dialog dan melaksanakan diskusi dalam forum-forum komunikasi tertentu sebagai wujud keterbukaan Polri dalam proses pemecahan masalah secara bersama-sama.
“Salah satu wujudnya seperti ketika kasus ledakan tabung gas marak terjadi, Polresta Bekasi mengadakan sosialisasi pengamanan dan penggunaan tabung gas elpiji di tiap-tiap Kecamatan,” ungkap Kasat Binmas.
Lalu, saat kasus penanggulangan hama tikus, Polresta Bekasi mengadakan kegiatan K3 di tiap-tiap desa melalui Bhabinkamtibmas masing-masing, dan juga bersama-sama masyarakat memantau pembangunan jalan lingkungan dari program aspirasi DPRD.
Diakui Kasat Binmas, bila diurut satu persatu, kegiatan Polmas di Kabupaten Bekasi tak akan habis-habisnya, setiap hari selalu ada laporan dari tiap-tiap Bhabinkamtibmas, melalui Polsek jajaran.
“Saat maraknya isu penculikan anak, Bhabinkamtibmas kami tekankan agar dalam setiap rapat minggon di kantor desa dapat memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mewaspadainya,” kata Kasat Binmas.
Berikut ini, kegiatan Polmas yang secara rutin digiatkan Sat Binmas Polresta Bekasi di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi.
1.       Kegiatan K3 dalam rangka penanggulangan hama tikus. kegiatan di lakukan bersama perangkat desa dan petani + 30 orang dibagi menjadi 5 kelompok
2.       Kegiatan pemantauan pembangunan jalan lingkungan dari program aspirasi DPRD
3.       Memberikan pengarahan terhadap situasi yang berkembang akhir-akhir ini melalui rapat minggon Desa dan Kecamatan
4.       Penyuluhan tentang harkamtibmas ,yang dihadiri oleh perangkat desa, tomas dan warga masyarakat
5.       Tatap muka dan memberikan arahan tentang situasi yang berkembang sat ini kepada para tomas, toga dan toda.
6.       Memberikan pengarahan kepada anggota satpam agar meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah timbulnya guan tibmas.  
7.       Mengadakan Jum’at bersih dengan membersihkan saluran-saluran air,,untuk antisipasi bencana banjir
8.       Penyuluhan tentang kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba.
9.       Kunjungan ke warga masyarakat dan memberi arahan tentang harkamtibmas
10.    Kunjungan dalam rangka mengantisipasi perkelahian pelajar
11.    Pengarahan dalam rangka menyambut  hari-hari besar keagamaan yang di hadiri oleh perangkat desa,tomas,toga dan toda
Dalam melaksanakan berbagai kegiatan kemitran tersebut, Sat Binmas Polresta Bekasi selalu menekankan prinsip-prinsip profesionalisme. Meskipun sarana dan prasarana belum cukup memadai untuk kebutuhan melaksanakan berbagai kegiatan tersebut, pihaknya tetap berupaya maksimal. Sebab, kegiatan polmas tersebut bukan sekadar kegiatan rutin yang dilaksanakan dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun, tapi lebih dari itu ingin menitikberatkan kepada kualitas kinerja dalam menciptakan kepercayaan kepada masyarakat.
Ditambahkan Kasat Binmas, selain melaksanakan kegiatan pencitraan Polri terhadap masyarakat, Polresta Bekasi kerap menggelar kegiatan operasi khusus yang melibatkan semua kesatuan.
Operasi khusus yang dilakukan Polresta Bekasi tersebut sesuai arahan Kapolda Metro Jaya, yakni mulai dari :
·         Operasi Gaktib (Penegakan Ketertiban) dengan sasaran penangan kasus lalulintas, tata tertib, pungutan liar (pungli), pidana, penganiayaan, dan lainnya.
·         Operasi Mantap Brata Jaya, dengan sasaran pelanggaran kampanye oleh partai politik dan pelanggaran tindak pidana pemilu
·         Operasi Kilat Kresna, dengan sasaran kegiatan masyarakat (organisasi) kemasyarakatan.
·         Operasi Sendak, dengan sasaran pelanggaran penyalahgunaan senpi dan bahan peledak.
·         Operasi Ketupat Jaya, dengan sasaran pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri.
·         Operasi Antik Jaya untuk memberantas peredaran narkotika.
·         Operasi Dian Jaya untuk mengantisipasi gejolak masyarakat akibat kenaikan harga BBM dan pengoplosan BBM
·         Operasi Curas Jaya, dengan sasaran kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan
·         Operasi Berantas Jaya untuk mengantisipasi kejahatan dengan tindak kekerasan dan pencurian kendaraan bermotor
·         Operasi Sadar Jaya untuk menggugah masyarakat agar aktif menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.
·         Operasi Zebra Simpatik untuk menciptakan kondisi kamtibcarlantas.
·         Operasi Lilin Jaya untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru
“Dengan adanya operasi-operasi tersebut, kami berharap adanya peningkatan kesadaran hukum masyarakat dan meningkatnya dukungan informasi masyarakat terhadap Polri,” ungkap Kasat Binmas.
Selain itu juga meningkatnya keberanian masyarakat untuk melaporkan adanya tindak pidana dan masyarakat mau menjadi saksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york