email:redaksimitranews@yahoo.co.id

NEWS : | Mitra News adalah Media Penghubung Polisi Dengan Masyarkat | kami mohon Saran dan masukan anda demi Polri yang lebih baik Mitra News adalah Media Penghubung Polisi Dengan Masyarkat | Dapatkan Majalah Mitra News secara Gratis, Hubungi bagian sirkulasi kami di Kantor Balai wartawan Polresta Bekasi. Jl. KH Dewantara Jababeka Cikarang - Bekasi

Senin, 22 November 2010

Deklrasi Ormas, Antisipasi Bentrok antar Ormas


Upaya mengantisipasi terjadinya bentrokkan antar masyarakat kembali dilakukan Polresta Bekasi. Setelah sebelumnya mengumpulkan tokoh lintas agama untuk mengantisipasi bentrokkan antar umat beragama seperti yang terjadi di Ciketing, Kota Bekasi (baca Mitra News edisi 20), kali ini Polresta Bekasi mengumpulkan tokoh masyarakat, ormas (organisasi kemasyarakatan) dan LSM se Kabupaten Bekasi untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan antar kelompok massa seperti yang terjadi di sejumlah daerah di tanah air. Di hadapan semua unsur muspida yang menghadirinya, yakni Bupati Bekasi DR. H. Sa’duddin, MM, Dandim 0507 Bekasi Letkol Kav. Steve Parengkuan, Kajari Cikarang Undang Mugopal dan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Mustakim, sebanyak 51 Ormas dan LSM berikrar untuk menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai daerah yang aman dan kondusif. Pembacaan ikrar dilakukan salah satu perwakilan ormas, Ikapud.

Acara yang digelar di depan Mapolresta Bekasi, Rabu (6/10) sore itu berjalan dengan lancar. Meski hujan tak berhenti sejak Rabu siang, tapi semua undangan dan tokoh masyarakat yang hadir tetap bersemangat mengikuti seluruh rangkaian hingga selesai.
Begitu pun Bupati Bekasi DR. H. Sa’duddin, seakan-akan tidak peduli lagi dengan hujan gerimis yang membasahi sekujur tubuhnya saat memberikan sambutan di hadapan seluruh ormas yang hadir.
“Saya merasa bangga dapat hadir dalam apel besar yang sangat bersejarah ini dan sangat berterimakasih dengan upaya Kapolresta Bekasi untuk mencegah terjadinya bentrokkan antar kelompok masyarakat di Kabupaten Bekasi,” kata Bupati dalam sambutannya.
Menurutnya, pemerintah tidak pernah berharap terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Hari ini Kabupaten Bekasi kondusif, besok pun juga dan selanjutnya saya selalu berharap Kabupaten Bekasi tetap dalam keadaan aman dan kondusif,” ucap Bupati.
Dia mengingatkan bahwa ormas di Kabupaten Bekasi tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Karena itulah, dirinya sangat mengapresiasi tindakan Kapolres dan meminta kepada seluruh ormas yang hadir untuk menjaga komitmen dalam rangka menciptakan kehidupan yang harmonis antar bangsa.
“Saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat, para pengurus ormas dan LSM yang telah menjaga ketertiban dan kerukunan masyarakat dan menghimbau untuk selalu meningkatkan keamanan dan keimanan kita kepada Allah SWT,” ujar Bupati.
Usai memberikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh perwakilan ormas dari Ikapud dan diakhiri dengan ramah tamah di kantor Polresta Bekasi. 
Kapolresta Bekasi Kombes Pol Drs. Setija Junianta, M.Hum mengatakan bahwa inisiatif mengumpulkan tokoh masyarakat se Kabupaten Bekasi dan sekaligus pembacaan ikrar ormas dan LSM adalah salah satu upaya Polresta Bekasi untuk mengantisipasi terjadinya bentrokkan antar kelompok masyarakat dan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Bekasi.
“Kegiatan ini kami lakukan terutama setelah melihat adanya peristiwa kerusuhan yang terjadi di beberapa daerah di tanah air belakangan ini,” kata Kapolres.
Dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif itu, Polresta Bekasi bersinergi dengan TNI.
Sejauh ini, tambah Kombes Setija Junianta, Polresta Bekasi sudah melakukan pemantauan di beberapa daerah di kabupaten Bekasi dan sudah dapat menentukan titik-titik rawan keamanan.
 “Berdasarkan hasil patroli kami, beberapa wilayah yang rawan keamanan itu diantaranya seperti wilayah Cikarang, Cibitung dan Tambun,” kata Kapolres.
Meski begitu, tak menutup kemungkinan wilayah lain pun rawan terjadinya kerusuhan dan bentrokkan antar kelompok masyarakat.
Karena, selain mengumpulkan ormas dan LSM untuk menciptakan situasi yang kondusif, kegiatan patrol kepolisian pun di backup oleh TNI.
“Hal ini sebagai bentuk pengamanan agar situasi kondisuf tetap terjaga dengan baik,” harap Kapolres.
Secara terpisah, Ujang Suryadi, SH, Ade Candra dan Amri, SH yang mewakili Ormas Ikapud menyatakan sangat mendukung upaya Polresta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya.
“Kami akan selalu menjaga situasi tetap kondusif di Kabupaten Bekasi dan menghindari terjadinya bentrokkan antar kelompok masyarakat,” tegas Ujang Suryadi.
Dai berharap agar ormas lain pun melakukan hal serupa dan saling menghormati satu sama lainnya, sehingga hubungan antar ormas dan LSM senantiasa harmonis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york