email:redaksimitranews@yahoo.co.id

NEWS : | Mitra News adalah Media Penghubung Polisi Dengan Masyarkat | kami mohon Saran dan masukan anda demi Polri yang lebih baik Mitra News adalah Media Penghubung Polisi Dengan Masyarkat | Dapatkan Majalah Mitra News secara Gratis, Hubungi bagian sirkulasi kami di Kantor Balai wartawan Polresta Bekasi. Jl. KH Dewantara Jababeka Cikarang - Bekasi

Kamis, 09 Desember 2010

Lemah Abang Akan di bangun Monumen Perjuangan

Wilayah Lemahabang dinilai sarat dengan nilai-nilai perjuangan. Karena itu, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bekasi berencana membangun monumen perjuangan memperingati peristiwa melawan sekutu pada 19 Desember 1945 di perbatasan Bekasi-Karawang. Rencananya, pembangunan monumen didirikan di sekitar Stasiun Lemahabang.

’’Lokasi dan bentuk monumennya masih dalam tahap penjajakan, tapi berdekatan stasiun lah,’’ ungkap Kepala Disporbudpora Edi Rochyadi. Menurut Edi, peristiwa pertempuran rakyat melawan sekutu (gabungan Inggris dan Gurka) pada 19 Desember 1945 merupakan salah satu bukti peristiwa heroik di Lemahabang. Tapi, Edi tidak menyebutkan siapa tokoh-tokoh didalamnya yang terlibat dan masalah apa yang menyebabkan meletus pertempran itu.

Hanya saja, sambung dia, rencana dibangunnya monument bukan untuk menyaingi untuk menyaingi pembangunan monument KH. Noer Ali yang dikerjakan oleh Distarkim. Menurutnya KH. Noer Ali merupakan fakta sejarah dan bukan hanya di Kabupaten Bekasi semata, melainkan milik Bekasi, baik Kota Bekasi atau Kabupaten Bekasi.

Bahkan sudah menjadi pahlawan nasional. Sementara untuk Lemahabang hanya berada di Kabupaten Bekasi semata. “Ini bukan menyaingi. Lemahabang sekupnya lebih di Kabupaten Bekasi,” papar mantan camat Muara Gembong tersebut.

Edi menjelaskan kalau rencana dibangunnya monument ini semata-mata hanya untuk mengenang sejara semata. Ia tidak mau sejarah yang ada di Lemahabang hilang begitu saja. Sementara generasi muda yang merupakan cikal bakal penerus di negeri ini tidak mengetahui sama sekali.

Akan sangat disayangkan jika nantinya keberadaan Lemahabang hanya dikenal dengan stasiunnya semata. ”Jangan sampailah anak-anak muda nanti gak tahu ada apa dulunya di Lemahabang ini,” jelas lelaki berkacamata tersebut.

Edi berharap ide pembangunan monumen ini bisa segara terwujud dan mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan. Menurutnya dengan adanya monumen setidaknya sejarah yang ada di Lemahabang bisa dikenang sepanjang masa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik surgery new york